Manfaat Mengkonsumsi 3 Pisang Dalam Sehari

manfaat buah pisang

Pisang merupakan jenis buah-buahan yang bisa kita makan langsung atau juga diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Maka dari itu pisang kini telah menjadi salah satu buah yang paling populer di dunia saat ini.

Di balik rasanya yang manis dan harganya juga terjangkau, buah pisang ini ternyata memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dari beberapa penelitian baru-baru ini, mengatakan mengonsumsi 3 buah posang sehari dapat memberikan asupan potassium sebanyak 1.500 mg terhadap tubuh.

Disamping itu juga mengonsumsi 3 buah pisang dalam sehari juga memiliki banyak manfaat lain. Berikut ini ada beberapa manfaat dari mengonsumsi 3 buah pisang dalam sehari.

  • Tekanan darah menurun

Penelitian telah menunjukan bahwa mengonsumsi tiga buah pisang sehari bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan. Pasalnya dari satu buah pisang yang memiliki ukuran sekitar 422 mg potassium sekaligus hampir tidak mengandung sodium. Rasio potassium yang lebih tinggi dibandingkan dengan sodium bisa membantu tubuh untuk menetralisir peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh sodium.

  • Memperbaiki pencernaan

Selain kaya akan kandungan potassium, pisan juga memiliki kandungan serat mudah larut dan tidak mudah larut yang tinggi. Serat tentunya merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh karena serat ini bisa mengatur kecepatan pencernaan, dalam hal ini memperlambat proses pencernaan. Dengan begitu, tubuh kita akan merasa kenyang lebih lama dari biasanya. Kandungan serat pada pisang ini bisa membantu anda untuk mengatasi masalah sembelit di perut.

  • Sel sehat tercipta

Manfaat lain di balik buah pisang adalah kandungan vitamin B6  yang bisa memenuhi 20% dari kebutuhan harian tubuh kita. Vitamin B6 ini juga bisa membantu tubuh untuk memproduksi insulin, hemoglobin dan nonesensial asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menciptakan sel yang sehat. Manfaat lainnya yang akan dirasakan tubuh adalah diproduksinya antibody dalam tubuh yang bisa melawan infeksi.

  • Perbaiki saluran pencernaan

Karena pisang ini mudah untuk dicerna maka dianggap sebagai makanan yang tidak mengiritasi trek gastrointestinal atau sistem saluran pencernaan. Selain itu juga pisang mampu menenangkan saluran pencernaan dan membantu mengembalikan mineral yang hilang saat tubuh terserang oleh penyakit diare. Hal ini akan membuat pisang menjadi salah satu makanan padat yang diperkenalkan kepada bayi.

  • Kaya vitamin C

Pada umumnya banyak yang mengidentikkan vitamin C dengan buah jeruk atau strawberry. Akan tetapi, satu buah pisang ternyata mampu memenuhi 15% kebutuhan harian tubuh akan Vitamin C. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat penting untuk menetralisir radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Kandungan vitamin C pada pisang ini juga bisa menjaga pembuluh darah agar tetap sehat sekaligus memproduksi kolagen yang dapat menjaga otot, tulang dan jaringan lainnya.

  • Perbaiki kemampuan atletik

Banyak para atlet yang gemar dan suka sekali untuk mengonsumsi pisang. Kegemarannya para atlet tersebut pada pisang bukan karena hanya sekedar kebetulan saja. Pisang ini bisa mendorong kemampuan otot dan memberikan antioksidan serta nutrisi lain secara alami terhadap tubuh.

  • Melawan penyakit anemia

Pisang merupakan buah yang kaya akan zat besi, sehingga mengonsumsi pisang dapat menstimulasi diproduksinya hemoglobin dalam darah dan melawan penyakit anemia. Selain itu juga, vitamin B6 yang terdapat didalam kandungan pisang ini bisa mengatur gula dalam darah, sehingga bisa membatu anda yang sendang menderita penyakit anemia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *