Faktor Penyebab Penyakit Gondongan

Screenshot_40

Penyakit gondongan adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) mengelami pembengkakkan olah karena itu infeksi virus. Kelenjar ini teraletak tepat dibawah telinga di samping wajah. Maka dari itu orang yang mengalami penyakit gondongan, bagian sisi wajah akan terlihat membesar.

Penyakit gondongan merupakan penyakit yang menular dan pada umumnuy penyakit gondongan ini sering sekali di derita oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan karena oleh suatu virus dari keluarga paramyzovirus yang penyebarannya mirip dengan virus flu, misalnya apabila kita tutut untuk menghirup udara yang terkontaminasi virus penyakit gondongan saat berada di dekat penderita penyakit gondongan yang bersin atau batuk.

Penyebaran virus penyakit gondongan juga bisa terjadi secara tidak langung atau melalui media perantara gondongan. Contoh lainnya adalah jika penderita penyakit gondongan ini menyentuh mulut atau hidungnya, lalu tangan mereka yang sudah terkontaminasi virus memegang gagang pintu, maka otomatis kita pun akan berpeluang untuk terkena penyakit gondongan.

Virus penyakit gondongan akan masuk ke saluran pernafasan dan selanjutnya menuju kelenjar parotid untuk berkembang baik dan berinkubasi.

Gejala penyakit gondongan

Setelah virus gondongan berinkubasi, maka gejala akan muncul . Selain permbengkakkan kelenjar parotid yang menyebabkan sisi wajah terlihat membesar, Penyakit gondongan juga bisa memunculkan gejala-gejala Sbb:

  • Nyeri sendi
  • Demam tinggi
  • Mult Kering
  • Nuyeri perut
  • Lelah
  • Hilang Nafsu Makan
  • Sakit kepala

Gejala-gejala tersebut sering kali terasa sebelum pembengkakkan kelenjar parotod terjadi dan saat sudah terjadi pembengkakan, biasanya penderita akan kesulitan untuk menelan dan merasakan nyeri pada sisi wajah.

Baca Juga : Cara Jitu Mencegah Penyakit Gondongan Pada Anak

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *